Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Harus Terintegrasi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 23 November 2022 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng Ramlah A.S Pelu menilai pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif harus terintegrasi dan terkolaborasi dengan pemerintah daerah.

Ia mengatakan Kementerian Pariwisata RI memiliki Sistem Informasi Indikator Kepariwisataan Nasional (Sisparnas) sebagai platform data pemerintah.

Melalui Sisparnas dapat menyampaikan keberadaan objek wisata, atraksi dan ketersediaan infrastruktur pendukung dari seluruh regional di Indonesia.

“Sisparnas menggunakan inovasi teknologi big data dan pendekatan adaptif untuk memetakan, baik dari segi potensi maupun penguatan sektor pariwisata,” tuturnya.

Ramlah menuturkan sistem tersebut menghasilkan informasi indikator kepariwisataan guna data dukung pengambilan kebijakan sebagai fasilitas pelayanan yang disediakan untuk pelaku pariwisata dan pemerintah daerah.

Dia berharap dengan memiliki Sisparnas yang akurat dan up to date, dapat memudahkan para pemangku kepentingan untuk menentukan arah pengembangan kepariwisataan di Kalteng. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru