Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bahan Baku Kerajinan Getah Nyatu Harus Dilestarikan

  • Oleh Hendri
  • 28 November 2022 - 12:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Plt Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya Amandus Frenaldy mengajak pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) kerajinan getah nyatu mampu melestarikan bahan baku untuk produk tersebut.

"Bahan bakunya sekarang yang masih menjadi kendala, kalau semua IKM mau menanam pohonnya pasti lebih mudah untuk memanfaatkan getahnya itu. Karena produknya sangat bagus dan harganya mahal," katanya, Senin, 28 November 2022.

Pohon Nyatu merupakan pohon yang memilki kemampuan untuk berkembang biak dalam waktu singkat. Hanya dalam kurun waktu 6 bulan, ketinggian pohon nyatu sudah mencapai 8 meter. Dengan ketinggian itu, pohon nyatu sudah dapat dipangkas dan di ambil getahnya.

Kerajinan dari getah nyatu khas suku Dayak sendiri memiliki nilai seni dan berdaya jual yang tinggi. Biasanya, suku Dayak menggunakan pohon nyatu untuk membuat kerajinan seperti perahu, patung suku Dayak, dan kerajinan lainnya.

Harga jual yang ditawarkan untuk kerajinan tangan dari getah nyatu ini sangat beragam mulai dari yang termurah berupa gantungan kunci yaitu Rp1.000,00 per biji sampai dengan ukiran perahu jurung dengan tingkat kesulitan yang cukup rumit dengan harga berkisar antara Rp550.000,00 bahkan hingga jutaan rupiah.

Harga untuk produk kerajinan tangan tersebut tergantung pada ukuran, bentuk dan tingkat kerumitan dalam membuat kerajinan.

Sekarang ini kerajinan tangan dari getah nyatu telah menjadi salah satu ciri khas yang kemudian semakin dikembangkan oleh masyarakat. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru