Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Kampung Iklim di Kelurahan Marang Bawa Keuntungan Bagi Petani

  • Oleh Hendri
  • 30 November 2022 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Lurah Marang Yuliati Ningsih mengatakan banyak manfaat yang didapat masyarakat sejak Program Kampung Iklim (ProKlim) masuk wilayahnya, yakni sebagian petani mendapatkan bantuan modal usaha.

“Selain menjaga lingkungan, secara ekonomi kehidupan masyarakat lokal juga diperhatikan oleh pemerintah, misalnya tahun ini warga Marang dapat bantuan Rp100 juta untuk usaha ternak berkelompok,” katanya, Rabu, 30 November 2022.

Kerja keras masyarakat dalam menjaga lingkungan selama ini membuahkan hasil menggembirakan. Pasalnya,  tahun ini warga RW 1 dan RW 2 mendapatkan Piagam Partisipasi Prokim dengan kategori madya.

Yuliati mengaku bersyukur karena kerja keras warganya dalam membantu program pemerintah tak sia-sia. Program ini menciptakan wilayahnya tetap hijau dan asri.

"Selama ini warga Marang aktif menjaga hutan dan lahan gambut. Setiap Minggu mereka melaksanakan patroli guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan," ungkapnya.

Diketahui, Proklim adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Melalui program ini masyarakat diajari untuk berperilaku hemat energi, transportasi hijau, pengelolaan sampah, penanaman pohon serta pengendalian kebakaran lahan dan hutan. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru