Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Diminta Tingkatkan Kualitas SDM Solusi Kurangi Pengangguran

  • Oleh Hendri
  • 30 November 2022 - 20:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi B DPRD Palangka Raya, Reja Framika mengatakan, salah satu cara mengatasi pengangguran yang bisa dilakukan oleh pemerintah daerah adalah dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Sebab, dengan peningkatan kualitas SDM bisa membuat kemampuan penduduk yang ada di daerah tersebut bisa menyesuaikan dengan lapangan kerja yang tersedia.

Dengan begitu. diharapkan banyak tenaga kerja yang bisa terserap dan akhirnya mampu mengurangi pengangguran.

"Kalau bicara soal kebutuhan perusahaan tentu mereka mencari SDM terbaik untuk bergabung, maka peran pemerintah mencetak SDM handal dan unggul agar mampu bersaing sesuai kebutuhan yang dicari oleh pemberi kerja," katanya, Rabu, 30 November 2022.

Menurutnya ada dua faktor penyebab masih tingginya pengangguran di daerah setempat. Pertama, kompetensi yang dimiliki pencari kerja masih kurang. Kedua, program yang dilakukan belum sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

Selain mengadakan pelatihan, membuka pameran lowongan kerja atau yang lazim disebut Job Fair harus mampu dilihat sebagai cara yang cukup efisien dalam mempermudah para pencari kerja untuk menemukan koneksi kepada dunia kerja.

"Sebab pada job fair pasti akan ada banyak perusahaan dari berbagai bidang menawarkan lowongan kerja. Jadi tidak hanya berlatih tapi sediakan juga jalur atau koneksinya ke perusahaan," pungkasnya. (HENDRI/B=6)

Berita Terbaru