Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

3 Desa di Sukamara Belum Terjangkau Listrik

  • 12 Februari 2016 - 15:06 WIB

Ada tiga desa di Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah, belum terjangkau listrik. Ketiga desa itu adalah Desa Natai Kondang, Desa Laman Baru dan Desa Kenawan.

Kepala Bidang Pertambangan Dinas  Perindustrian Perdagangan Koperasi Pertamabngan dan Energi (Perindagkoptamben) Sukamara Antin Astuti mengatakan meski belum berlistrik, namun di tiga desa tersebut sudah terbangun jaringan listrik. Jadi tinggal menunggu penyambungan listrik ke setiap tiap rumah.

'Hingga Desember 2015 lalu masih ada tiga desa. Jumlah itu sudah berkurang dari tahun lalu karena program listrik non-PLN yang kita jalankan. Seperti PLTS untuk setiap rumah tangga yang banyak diprogramkan di Kecamatan Balai Riam dan Permata Kecubung,' kata Antin.

Menurut Antin, rumah tangga belum berlistrik masih berjumlah 1.903 rumah. Jumlah itu menurun jika dibandingkan pada 2014 yang masih berjumlah  2.259 rumah tangga belum berlistrik. 

Sedangkan berdasarkan data Rasio Desa Berlistrik tercatat ada 88%, sementara Rasio Elektrifikasi atau rumah tangga pengguna listrik meningkat dari 78.1% pada Mei 2014 menjadi 81,1% pada Desember 2015.

'Memang rumah tangga belum berlistrik yang paling banyak di Kecamatan Permata Kecubung yang saat ini masih ada 1.217 rumah tangga. Jumlah itu sudah turun dari data 2014 yang mencapai 1.484 rumah tangga sehingga saat ini rasionya akan meningkat,' ujar Antin. (fah/m)

Berita Terbaru