Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkat Konsumsi Ikan di Palangka Raya Capai 5,4 Persen

  • Oleh Hendri
  • 12 Desember 2022 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriarti Ritadewi mengatakan, tingkat konsumsi ikan masyarakat setempat cukup tinggi, yakni mencapai 5,4 persen. Hal ini didukung sumber daya perikanan yang tersebar di sungai-sungai besar, danau maupun perikanan budidaya.

"Palangka Raya dan Kalteng memang konsumsi ikan cukup tinggi. Karena memang sumbernya banyak bisa dari sungai, danau maupun dari perikanan budidaya," katanya, Senin, 12 Desember 2022.

Meski begitu, gemar makan ikan terus berlanjut dikampanyekan dan kali ini bobotnya lebih serius karena dikaitkan dengan program melawan stunting, yakni gejala hambatan pertumbuhan (fisik dan kecerdasan), akibat kekurangan asupan makanan bergizi.

"Sosialisasi supaya masyarakat gemar makan ikan terus kita lakukan dengan berbagai kegiatan, seperti lomba masak serba ikan hingga membagikan paket olahan ikan," jelasnya.

Namun yang masih menjadi kendala kata dia, adalah konsumsi ikan untuk anak-anak sebagai upaya mencegah terjadinya stunting. Untuk itu diperlukan kreativitas orang tua agar mengolah makanan berbahan dasar ikan menjadi lebih menarik bagi anak.

"Kalau orang dewasa, ibu hamil dan menyusui sudah paham manfaat makan ikan. Cuman bagi anak-anak memang diperlukan makanan yang bervariatif supaya mereka tidak bosan. Ini yang menjadi fokus kami ke depan," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru