Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabupaten Barito Utara Kembali Raih Penghargaan Sebagai Kabupaten Peduli HAM

  • Oleh Ramadani
  • 14 Desember 2022 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kabupaten Barito Utara bersama 169 kabupaten/kota se-Indonesia meraih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI pada acara puncak Peringatan Hari HAM sedunia yang ke-74 Tahun 2022. 

Tema peringatan tahun ini adalah 'Pemajuan HAM untuk Setiap Orang Menuju Indonesia Maju'. Pada acara yang dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin dan Menkumham, Yasonna H Laoly di Golden Ballroom Hotel Sultan & Residence Jakarta, Senin, 12 Desember 2022, dihadiri juga oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang, Wamenhumham dan jajaran pejabat Kemenkumham dan kepala daerah kabupaten-kota yang menerima penghargaan tersebut.

Wapres RI, KH Ma’ruf Amin menyampaikan, peringatan Hari HAM sedunia menjadi momen reflektif bagi seluruh negara dalam menghormati dan memajukan HAM secara universal. Menurut Ma'ruf, menjunjung tinggi HAM sama artinya dengan menjunjung tinggi peradaban.

“Selamat kepada Kementerian atau lembaga serta pemerintah daerah yang meraih penghargaan Peduli HAM, pemerintah daerah yang melaksanakan pelayanan publik berbasis HAM dan instansi yang responsif dalam penanganan dugaan pelanggaran HAM,” ujar Wapres.

Sementara itu, Bupati Barito Utara, H Nadalsyah melalui Asisten I, Hj Siti Nornah menyebutkan bahwa capaian ini merupakan buah dari kerja sama dan kepedulian serta sinergi eksekutif, legislatif, yudikatif dan masyarakat yang selama Ini sudah terjalin sangat baik. Sehingga, bisa menjaga dan memelihara stabilitas daerah melaksanakan hukum dan hak asasi manusia sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sekadar diketahui, Kabupaten Barito Utara sebelumnya juga pernah menerima penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM. Yakni pada tahun 2017, penghargaan diterima langsung oleh Bupati Barut, H Nadalsyah di Surakarta 10 Desember 2017. Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Barito Utara yang telah bersama-sama dengan Pemkab untuk turut menjaga dan menciptakan ketentraman, ketertiban dan keamanan di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

"Sehingga Barito Utara dapat meminimalkan terjadinya pelanggaran HAM,” tutup Hj Siti Nornah menyampaikan pesan Bupati. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru