Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Daerah Tertinggal di Kalteng Perlu Digencarkan

  • Oleh Donny Damara
  • 14 Desember 2022 - 19:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Sengkon mengatakan pembangunan daerah tertinggal di Kalteng perlu lebih digencarkan lagi oleh pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten dan kota.

Ia menyebut menggencarkan pembangunan daerah tertinggal seperti halnya desa sangat penting agar tidak semakin tertinggal, sebab hingga sampai saat ini masih banyak daerah tertinggal yang benar-benar perlu diperhatikan.

"Banyaknya daerah tertinggal akan berdampak negatif terhadap sejumlah hal seperti penyebaran penduduk yang tidak merata, meningkatnya pengangguran serta kemiskinan dan lain-lain," katanya, Rabu, 14 Desember 2022.

Apabila suatu daerah misalnya wilayah pedesaan tidak mengalami kemajuan atau tertinggal maka masyarakat terutama para pemuda akan banyak meninggalkan desanya untuk mengadu nasib di perkotaan.

Banyaknya migrasi pendudukan dari wilayah pedesaan ke perkotaan tentu akan berdampak terhadap meningkatnya jumlah penduduk di kota dan itu dapat mengakibatkan tingkat pengangguran meningkat.

"Karena belum tentu mereka yang dari wilayah pedesaan mengadu nasib di kota itu mendapatkan pekerjaan. Malah ini mengakibatkan penduduk di kota meningkat serta penyebaran yang tidak merata," jelasnya.

Dari persoalan tersebut juga maka akan menimbulkan persoalan baru yakni apabila suatu desa banyak kehilangan penduduknya maka desa itu akan semakin tertinggal, karena SDM produktifnya banyak yang keluar.

"Padahalkan SDM produktif itu sebagai tumpuan pembangunan desa, jadi sebanarnya harus tetap berada di desa untuk membangun desanya. Ini yang harus bisa mendapat perhatian dari pemda agar pembangunan daerah tertinggal lebih digencarkan lagi," imbuhnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru