Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

37 Rumah di Desa Dambung Nikmati Listrik Tenaga Surya

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 19 Desember 2022 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sebanyak 37 rumah warga yang ada di Desa Dambung, Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur kini dapat menikmati penerangan pada malam hari yang bersumber dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS.

"Alhamdulillah panel surya sudah terpasang semua di setiap rumah dan sudah mulai digunakan," ungkap Kabid Perumahan dan Kawasan Permukiman Dinas PUPR Perkim Barito Timur, Supian Effendi, Senin, 19 Desember 2022.

Dia menjelaskan panel yang dipasang di setiap rumah warga tersebut merupakan panel PLTS Terpusat di Desa Janah Mansiwui yang dialihkan ke Desa Dambung karena Desa Janah Mansiwui sendiri sejak tahun 2017 sudah teraliri listrik PLN.

"Rencananya mau dibikin terpusat, namun karena rumah warga di Desa Dambung berpencar-pencar sehingga dibagi masing-masing rumah satu unit pembangkit," ujar Supian.

Menurutnya PLTS tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik dasar pada malam hari seperti penerangan, menghidupkan televisi dan mengisi baterai handphone.


"Pemasangan ini disertai perjanjian agar penerima bantuan tidak merombak atau mengubah rakitan PLTS itu untuk mencegah terjadi kerusakan. Kalau ada yang mau diubah harus lapor dulu ke kami sehingga teknisi yang menganalisis untuk melakukan perubahan," papar Supian.

Dia berharap dengan adanya aliran listrik dari PLTS tersebut, akses informasi bagi warga Desa Dambung semakin baik karena mereka dapat memanfaatkan peralatan elektronik seperti televisi dan handphone.

"Pesan kami PLTS itu dijaga dan dirawat baik-baik sehingga dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama untuk memenuhi kebutuhan listrik," kata Supian. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru