Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Support Pemkab Kobar bagi Nelayan Guna Tingkatkan Produksi Perikanan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 19 Desember 2022 - 22:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka meningkatkan produksi perikanan, tahun 2022 ini Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) telah memberikan berbagai support bagi para nelayan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Dinas Perikanan (Diskan) Kobar Manis Suharjo, Senin, 18 Desember 2022 menjelaskan dalam tahun 2022 ini Pemkab Kobar sudah memberikan hibah sebanyak 51 unit kapal bagi nelayan di Kobar.

"Hibah kapal ini berasal dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022. Kemudian 51 unit kapal tersebut jenisnya beragam. Diantaranya kapal tipe 1/2-1 GT sebanyak 35 unit, kapal tipe 2 GT sebanyak 12 unit, dan kapal tipe 5GT sebanyak 4 unit. Bantuan tersebut telah diserahkan pada nelayan pada 5 kecamatan," jelas Manis Suharjo.

Menurut Manis Suharjo, bukan hanya itu saja, Pemkab Kobar juga menghibahkan bantuan alat tangkap ikan pada para nelayan tersebut.

"Diantaranya adalah alat tangkap sebanyak 995 buah, tramel net 304 buah, bubu 750 buah, mesin alkon 32 unit, mesin diesel 23 PK 60 unit, dan GPS sebanyak 13 unit. Diharapkan dengan adanya bantuan ini bisa bermanfaat bagi para nelayan untuk meningkatkan hasil tangkap secara maksimal," jelas Manis Suharjo.

Menurut Manis Suharjo, hibah tersebut merupakan salah satu upaya Pemkab Kobar guna mengatasi hambatan yang dirasakan nelayan guna memaksimalkan hasil tangkap.

"Karena salah satu hambatan bagi nelayan untuk memaksimalkan hasil tangkap ikan selama ini adalah minimnya sarana pendukung. Untuk itulah kami mengajak pada masyarakat untuk bersama mengawasi dan bisa pemanfaatan bantuan ini dapat dioptimalkan dalam meningkatkan produksi guna mensejahterakan perekonomian nelayan," jelas Manis Suharjo. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru