Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Relawan Samuja dan Alwaja Respon Cepat Mobil Jenazah Terhalang Pohon Tumbang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 Desember 2022 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Relawan BPK Samuja dan Alwaja Ampah Kabupaten Barito Timur bergerak cepat setelah mendapatkan informasi adanya pohon tumbang yang menutupi jalan utama atau jalan provinsi di Desa Patung Kecamatan Paku, Rabu, 21 Desember 2022.

Pohon besar yang melintang di badan jalan itu menyebabkan semua kendaraan tidak bisa melintas, termasuk sebuah ambulans yang membawa jenazah menuju Buntok Kabupaten Barito Selatan.

"Kami mendapatkan informasi pohon tumbang dan menutupi jalan sekitar pukul 21.30 WIB dan langsung meluncur ke lokasi," ungkap Kapten 01 Fire Rescue BPK Samuja Rakhmat Hidayat yang memimpin pembersihan pohon tumbang tersebut.

Hujan gerimis yang masih meliputi sekitar lokasi pohon tumbang tak menyurutkan semangat 7 relawan Samuja dan 1 Relawan Alwaja yang dibantu 2 warga sekitar untuk membantu pengguna jalan yang akan melintas.

Dengan peralatan gergaji mesin, gergaji manual dan parang, mereka berusaha secepat mungkin menyingkirkan batang dan ranting pohon agar ambulans yang mengangkut jenazah dapat segera melintas.

Selain cuaca hujan, relawan sempat mengalami kendala karena pohon tumbang itu juga menimpa kabel listrik.

"Kurang lebih 49 menit baru kami bisa bersihkan semua ranting-ranting pohon," kata pria yang akrab dipanggil Dayat ini.

Pada kesempatan itu dia juga berpesan agar warga selalu berhati-hati bepergian saat cuaca hujan terutama yang disertai angin kencang.

"Di pinggir-pinggir jalan banyak pohon besar yang rawan tumbang saat hujan lebat yang disertai angin kencang, kalau sedang dalam perjalanan dan cuaca buruk seperti itu sebaiknya berteduh dulu hingga hujan reda untuk menghindari tertimpa pohon tumbang terutama bagi pengendara sepeda motor," pesannya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru