Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kalteng Apresiasi PBS Penuhi Kewajiban Merealisasi Plasma

  • Oleh Donny Damara
  • 28 Desember 2022 - 14:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Achmad Rasyid mengapresiasi perusahaan besar swasta (PBS) beroperasi di Kalteng yang telah memenuhi kewajiban merealisasi plasma bagi masyarakat.

Ia mengatakan merealisasi plasma yang sudah menjadi kewajiban perusahaan khususnya pada sektor perkebunan sangat penting dalam rangka berperan untuk mensejahterakan masyarakat yang ada di sekitarnya.

"Terkhusus bagi PBS yang belum merealisasi plasma bagi masyarakat kita ingatkan agar dapat menunaikan kewajibannya. Tentu kita mengapresiasi bagi yang sudah," ujarnya, Rabu, 28 Desember 2022.

Seperti halnya PT Mulia Sawit Agro Lestari (MSAL) yang ada di Kabupaten Gumas, bisa menjadi contoh PBS sektor perkebunaan di Kalteng dalam hal merealisasi plasma kepada masyarakat.

Di mana PT MSAL sudah merealisasi plasma hampir mencapai 20 persen untuk tiga desa binaan yang ada disana. Sehingga hal itu tentu dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya dari segi kesejahteraan.

"Kita ada berkunjung ke PT MSAL beberapa waktu lalu, informasi yang kita dapatkan hampir 20 persen plasma sudah mereka realisasi untuk tiga desa binaannya. Kita harap target plasma 20 persen bisa tercapai bahkan lebih," ucapnya.

Selain itu, ia juga mengharapkan PT MSAL bisa membangun pabrik Crude Palm Oil (CPO) untuk mengolah minyak goreng lokal sebagai bentuk upaya mengantisipasi kelangkaan serta mahalnya harga jika sewaktu-waktu terjadi khususnya di Kalteng.

"Tidak hanya PT MSAL kita juga menyarankan PBS sektor perkebunan khususnya sawit di Kalteng supaya bisa membangun pabrik CPO sendiri seperti di Kalsel agar kebutuhan daerah bisa tetap terpenuhi ketika terjadi kelangkaan," tandasnya. (DONNY D/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru