Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Mengedepankan Skala Prioritas

  • 17 Februari 2016 - 19:54 WIB

PEMBANGUNAN yang dilaksanakan pemerintah kabupaten (Pemkab) selalu mengedepankan prinsip skala prioritas. Ini yang dicetukan Bupati Barito Utara (Barut) Nadalsyah saat menghadiri musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) dua kecamatan, yakni Lahei dan Teweh Selatan, Rabu (17/2/2016).

Musrenbang dua kecamatan yang digelar sekaligus itu, kata Nadalsyah, merupa'kan rangkaian yang kesekian kalinya setelah sebelumnya digelar kegiatan yang sama di  Lahei Barat dan Teweh Baru pada Senin awal pekan ini.

'Musrenbang dilaksanakan tiap tahun sesuai amanat UU Nomor 25/2004. Sebagai ke'giatan yang dinamakan musyawarah, di dalamnya terdapat keterlibatan banyak' pihak dengan berbagai rencana dan kepentingannya masing-masing,' kata Nadalsyah  dalam pembukaan Musrenbang itu.

Menurut Nadalsyah, Musrenbang berisi sejumlah rencana pembangunan namun realisasinya menyesuaikan kemampuan anggaran dengan prinsip skala prioritas. 

Hasil kesepakatan Musrenbang digunakan menyempurnakan rancangan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) 2017 yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan tahunan sebagai landasan penyusunan RAPBD.

Dengan anggaran yang terbatas, nantinya tidak semua usulan kegiatan mampu dilaksanakan dengan segera. Kiranya perlu dilakukan review kembali prioritas kegia'tan yang telah disepakati, dengan menetapkan skala prioritas yang mengarah kepada penyelesaian akar permasalahan, berdampak luas dan nyata, mendesak untuk segera dilaksanakan, dan langsung akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Nadalsyah juga mengingatkan tugas sebagai PNS/ASN dari tahun ke tahun tidaklah semakin ringan, malah penuh tantangan dan hambatan, baik dari segi keterbatasan anggaran, peraturan yang semakin ketat, maupun dari tuntutan masyarakat dan kelompok-kelompok masyarakat (LSM) yang semakin kritis.

'Sebagai aparatur pemerintah dituntut harus sanggup menghadapi tantangan dengan bekerja cerdas tanpa melupakan kerja keras dan selalu berpijak pada segala peraturan yang berlaku.' (DN/B-5)

Berita Terbaru