Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dorong Peningkatan Perekonomian Berkelanjutan Dengan Budidaya Hortikultura

  • Oleh Donny Damara
  • 31 Desember 2022 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Sengkon mengatakan pandemi Covid-19 yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir pastinya memberikan dampak yang sangat serius terhadap perekonomian.

Oleh karenanya, untuk dapat mendorong peningkatan perekonomian berkelanjutan pemerintah daerah harus dapat memaksimalkan pemanfaatan budidaya tanaman hortikultura.

Menurutnya, budidaya tanaman hortikultura memiliki potensi yang menjanjikan dan tentunya bernilai ekonomis apabila dalam pengembangannya dilakukan dengan maksimal.

"Itu bisa menjadi jalan keluar bagi masyarakat, khususnya dalam rangka menambah sumber pendapatan keluarga," ujarnya, Sabtu, 31 Desember 2022.

Dikatakannya, pemerintah perlu mendorong masyarakat untuk bisa memaksimalkan sektor tersebut. Sebab, hortikultura mempunyai potensi pengembangan yang fleksibel, mulai dari sayuran, tanaman hias, obat-obatan, buah-buahan dan lain-lain.

"Akan sangat rugi apabila daerah dan masyarakat tidak bisa mengoptimalkan sektor itu, karena potensi yang dimiliki sangat menjanjikan," ucapnya.

Ketua DPW Partai Perindo Kalteng ini mengatakan pengembangan tanaman hortikultura bukan sesuatu yang bisa deremehkan.

Pasalnya, pengembangan hortikultura sebagai alternatif peningkatan ekonomi di sektor pertanian sudah mulai menjadi primadona disejumlah wilayah di Indonesia.

Oleh karenanya, didukung dengan kondisi geografis dan iklim di Kalteng, akan sangat cocok dalam mengembangkan hortikuktura. Terlebih budidaya yang dilakukan tidak memerlukan lahan yang luas.

Maka dari itu diharapkan masyarakat dapat lebih jeli dan turut serta dalam mengembangkan peluang usaha tersebut.

Di sisi lain, dukungan pemerintah tentu juga harus optimal. Sebab, untuk bisa memaksimalkan budidaya hortikultura akan sulit jika tanpa adanya dukungan dari pemerintah baik provinsi maupun kabupaten dan kota.

"Selain itu dukungan tidak hanya sebatas bantuan bibit maupun pupuk saja, taapi juga dikawal sampai dengan promosi dan penjualan, hingga pengembangan sektor ini berhasil," tukasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru