Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKKBN Kalteng: Desa Suka Makmur di Kobar Riah Prestasi Nol Kasus Stunting

  • Oleh Hendri
  • 04 Januari 2023 - 10:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalteng menyatakan, Desa Suka Makmur, Kecamatan Kotawaringin Lama, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) merupakan desa dengan prestasi nol kasus stunting.

"Desa ini punya luas wilayah 1.448,5 hektare dan ada 259 KK dengan total jumlah penduduk 858 jiwa. Mereka sukses jalankan 5 pilar STBM sehingga meraih prestasi nol kasus stunting," kata Plt Kepala BKKBN Provinsi Kalteng Dr. Dadi Ahmad Roswandi, Rabu, 4 Januari 2023.

Dia mengapresiasi strategi yang dilakukan Desa Suka Makmur dan berharap prestasi ini dipertahankan serta bisa menjadi bahan pembelajaran bagi desa-desa lainnya di Kalimantan Tengah.

"Jika ini bisa dilakukan secara konsisten pada desa-desa lainnya, maka target penurunan stunting di Kalteng akan bisa dan mudah dicapai," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Suka Makmur, Muhammad Toha menuturkan, keberhasilan desanya sebagai desa dengan prestasi nol stunting tidak terlepas dari dukungan penuh semua warga untuk menjalankan program yang telah ditetapkan pemerintah pusat dalam upaya mengatasi stunting.

Salah satunya adalah 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yaitu stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengolahan air minum dan makanan dengan benar, pengelolaan sampah rumah tangga serta pengelolaan limbah cair rumah tangga agar tidak mencemari lingkungan.

"Ada juga faktor lain keberhasilan ini, misalnya kita melakukan edukasi kepada ibu hamil dan keluarga secara menyeluruh tentang pencegahan stunting melalui bidan dan tenaga kesehatan terkait apa saja yang harus dihindari dan dilakukan oleh ibu hamil," ujarnya.

Selain itu, untuk pemenuhan gizi kepada ibu hamil dan anak berisiko stunting pemerintah desa telah menyediakan angaran. Bahkan juga dikakukan melalui iuran dari guru serta wali murid dari sekolah PAUD. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru