Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

40 PPK Seluruh Kabupaten Lamandau Dilantik

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 04 Januari 2023 - 23:11 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamandau melantik 40 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024, di Aula Kantor Bappeda dan Litbang setempat. Rabu, 4 Januari 2023.

Ke 40 orang PPK tersebut berasal dari 8 Kecamatan di Kabupaten Lamandau. Masing-masing kecamatan memiliki 5 orang PPK yang akan menjadi panitia untuk melaksanakan tugas melayani pemilih dan peserta pemilu dengan adil dan setara.

“PPK ini dibentuk untuk melaksanakan tugas menjaga integritas, moralitas dan profesionalisme berdasar azas prinsip penyelenggara pemilu. Serta melayani pemilih dan peserta pemilu dengan adil dan setara,” terang Ketua KPU Kabupaten Lamandau, Irwansyah.

Mereka diseleksi sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku. “Sudah melalui berbagai tahapan, mulai dari pendaftaran, tes tertulis dan wawancara, hingga sampai dengan penetapan,” bebernya.

Selain pemeriksaan berkas para calon PPK, kata Irwansyah, pihaknya juga telah melakukan verifikasi kepada masing-masing calon PPK dan memastikannya tidak terafilisi dengan partai politik manapun.

Dikonfirmasi terpisah, Bupati Lamandau, Hendra Lesmana menegaskan, bahwa Pemilu adalah ajang Demokrasi, bukan ajang konflik. Sebagai PPK, nantinya harus mampu mengawal pesta demokrasi ini agar jauh dari konflik karena bisa merusak nilai-nilai demokrasi.

“Indonesia ini memilih cara demokrasi dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakatnya. Tentu harus kita dorong bersama-sama agar menjadi demokrasi yang benar. Jangan sampai kemudian muncul konflik, apalagi sampai anarkis. Kalau sudah anarkis, ini merusak sistem, merusak apa yang menjadi nilai-nilai demokrasi,” tegasnya.

Orang nomor satu di Bumi Bahaum Bakuba itu juga meminta kepada para PPK yang telah dilantik, agar mereka tetap berpedoman dengan aturan, kode etik dan filosofi demokrasi.

Ditambahkan Bupati, pihaknya tidak akan mengganggu, maupun mengintervensi pelaksanaan Pemilu. Justru Ia mengaku ingin semuanya berjalan dengan damai dan rukun. Begitupun hingga Pemilu selesai dilaksanakan.

“Karena dengan kedamaian, kerukunan, tentu kita akan bisa mencetak pemimpin dan perwakilan rakyat yang baik,” pungkasnya. (HENDI NURFALAH/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru