Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Subsidi Minyak Tanah Dihapus Tarif Speed Boat Melonjak

  • 18 Februari 2016 - 22:22 WIB

KEBIJAKAN pemerin'tah menghapus sub'si''di minyak tanah di Ka'bupaten Sukama'ra berimbas pada naiknya ta''rif speed boat.

Tidak tanggung-tanggung ke'naikan yang terja'di menca'pai 50% dari tarif sebelumnya.

Hal ini diamini salah se'orang motoris speed boat ber''nama Jupri yang biasa me''laya'ni rute perjalanan da'ri Sukamara-J'elai dan Suka'ma'ra-Pulau Nibung.

'Ongkos speed boat sekarang sudah kita naikkan men'ja'di Rp100 ribu per orang,' ka'tanya saat ditemui di Pe'la'bu'han Speed Boat Sukamara, Ka''mis (18/2/2016).

Sebelumnnya tarif speed boat untuk jurusan Sukamara-Pulau Nibung hanya Rp60 ri'bu per orang, sedangkan Su'kamara-Jelai Rp70 ribu per orang. 'Kami menaikkan harga Rp30 ribu dari sebelumnya,' ucap Jupri lagi.

Ia menyebutkan, melonjak'nya tarif speed boat disebabkan penghapusan subsidi mi''nyak tanah yang dilakukan pe''merintah pusat, belum la'ma ini.

Aki'bat tidak ada lagi mi'nyak tanah bersubsidi, biaya ba''han bakar untuk operasio'nal speed boat pun lebih tinggi dari biasanya. Guna me'nyiasati hal itu supaya ti'dak rugi, penyedia jasa speed boat terpaksa me'naikan tarif.

Namun, kenaikan tarif yang berlaku saat ini be'lum ber'sifat final. Sebab para mo'toris speed boat be'rencana kem'bali menaikan tarif supaya sesuai dengan biaya ope'rasional.

'Untuk rencana menurun'kan tidak ada, malah kami be'rencana akan menaikan tarif la'gi. Hanya belum tahu akan di'naikkan menjadi berapa,' se'but Jupri.

Sejauh ini, kenaikan tarif lan'jutan masih dalam pemba'ha's'an di antara para motoris. Pem'bahasan tarif dilakukan su''paya tidak ada kesimpang'siur''an nominal.

'Kalau ada motoris yang me'nawarkan tarif yang lebih ren'dah tentunya motoris yang menawarkan harga yang tinggi tidak akan la'ku, sehingga bisa memicu per'se'li'sihan,' jelas Jupri.

Ia berharap, penumpang bi'''sa mengerti dengan kenaik'kan tarif yang terjadi. Pasalnya, kenaikan bukan semata un'tuk menambah keuntung'an melainkan dampak dari di'hapusnya subsidi minyak ta'nah oleh pemerintah pusat.

'Penumpang selalu menge'luh ongkos speed boat naik, tapi gimana lagi minyaknya me'mang sudah mahal' ujar'nya.

Di lain pihak, kenaikan ta'rif speed boat yang tergolong tinggi membuat banyak pengguna jasa transportasi air mengeluh. Namum me'reka tidak bisa berbuat apa-apa lantaran kebijakan peng'hapusan subsidi minyak ta'nah dikeluarkan langsung oleh pemerintah pusat.

(MG-13/B-3)

Berita Terbaru