Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Menuju Pelabuhan Daerah Speedboat Sementara Ditutup

  • Oleh Ramadani
  • 06 Januari 2023 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Dalam beberapa hari terakhir, musim kemarau membuat debit air di Sungai Barito mengalami penurunan (surut-red). Hal itu membuat aktivitas rutin angkutan barang dan penumpang di UPT Pelabuhan Daerah Dermaga Dinas Perhubungan setempat sementara ditutup dan tidak dapat dilalui. Karena posisi jembatan dalam keadaan terlalu miring.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Utara Mihrab Buanapati mengatakan, dengan adanya penurunan debit air di Sungai Barito tersebut, jalan menuju pelabuhan angkutan dan penumpang speed untuk sementara ditutup.

“Ditutup untuk sementara, karena posisinya jembatan sangat miring dan sangat berbahaya bagi pengguna dan angkutan barang. Untuk jalan ke pelabuhan kami arahkan melalui jalur bawah Water Front City (WFC),” kata dia, Jumat, 6 Januari 2023.

Hal tersebut hampir setiap tahun terjadi di pelabuhan UPT Dermaga Dinas Perhubungan Barito Utara. Jembatan atau tangga untuk turun posisinya mengalami kemiringan Hingga 180 derajat.

Ia juga mengatakan, pada tahun anggaran 2023 ini, akan dibangun jalan untuk menuju pelabuhan melalui jalur bawah WFC.

“Tahun ini ada pembuatan jalan cor beton menuju pelabuhan melalui jalur bawah WFC sekitar 20 meter,” kata Buanapati.

Sementara salah seorang buruh angkut pelabuhan mengatakan, pihaknya tidak berani turun melalui tangga pelabuhan, karena posisi kemiringannya sangat membahayakan, begitu juga bagi para penumpang.

“Diharapkan Pemerintah Daerah bisa mencari solusi agar kami para buruh angkut bisa aman saat membawa barang penumpang baik turun maupun naik, begitujuga penumpang,” katanya.

Dirinya juga berharap dan meminta kepada pemerintah daerah agar membangun jalan cor beton sebagai jalan alternatif menuju pelabuhan. Sehingga saat bermanfaat ketika memasuki musim kemarau seperti saat ini di awal tahun 2023 ini.

“Kami buruh angkut di pelabuhan ini mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas selesainya pembangunan pelabuhan ini. Karena sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, para penumpang dan kami para buruh angkut,” kata dia.

Berita Terbaru