Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satu Rumah Ambruk ke Sungai Barito Akibat Longsor di Desa Baru

  • Oleh Uriutu
  • 06 Januari 2023 - 19:07 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Longsor di Desa Baru, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan mengakibatkan satu unit rumah warga ambruk ke Sungai Barito, pada Kamis, 5 Januari 2023 sekitar pukul 16.30 WIB.

Kepala Desa Baru, Lukmanul Hakim mengatakan sebelumnya pada pagi hari sudah ada tanda-tanda keretakan tanah, namun warga masih berani untuk bekerja.

“Menjelang shalat Ashar, kejadian longsor begitu cepat, awalnya retakan tanah membesar disertai suara dan getaran, hingga mengakibatkan satu rumah warga ambruk ke Sungai Barito,” kata Lukmanul Hakim, Jumat, 6 Januari 2023.

Kemudian, setelah shalat Magrib kembali lagi longsor susulan, sehingga keluarga di salah satu rumah dekat longsor tersebut mengungsi ketempat warga lainnya.

Meski demikian, dalam peristiwa longsor ini tidak ada korban jiwa hanya saja semua harta benda tidak dapat diselamatkan.

Ia menyampaikan di lokasi longsor ini ada gudang atau tempat membersihkan rotan. Pada saat kejadian banyak warga sedang menjalankan aktivitasnya.

“Sebelumnya, 7 tahun yang lalu puluhan rumah dan satu bangunan Masjid tua berusia ratusan tahun yakni Masjid Al Mujahidin ikut ambruk akibat tanah longsor,” ucap dia.

Menurutnya, terjadinya tanah longsor ini biasa setelah air sungai barito pasang lalu masuk musim kemarau dan hujan. Sebab daerah ini sangat rawan karena abrasi. Untuk kedalaman longsor, diperkirakan mencapai 30 meter lebih dan panjang longsor sekitar 400 meter.

Pihaknya berharap pemkab, DPRD, instansi terkait serta Pemprov melakukan penanganan.
“Seperti membuat siring penahan atau pengalihan arus Sungai Barito untuk mengantisipasi kejadian serupa,” kata dia. (URIUTU DJAPER/H)

Berita Terbaru