Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Enam Bangunan Ludes Terbakar di Jalan Garuda Palangka Raya

  • Oleh Agus Fataroni Mustova
  • 08 Januari 2023 - 15:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Terjadi kebakaran di Jalan Garuda Induk Kota Palangka Raya pada Minggu, 8 Januari 2023 sekitar pukul 14.00 wib yang menghanguskan 6 buah bangunan dan 1 tempat percetakan batako.

Menurut keterangan saksi, api diduga berasal dari dapur salah satu bangunan yang di jadikan mabel. Api cepat membesar karena sebagian besar bangunan terbuat dari kayu dan hembusan angin yang cukup kencang.

"Pertama saya melihat api sudah sampai di atas atap bangunan salon ini, dan karena angin kencang api menjalar ke gudang pembuatan batako saya. Sementara bangunan itu kondisinya kosong, seandainya ada penghuni rumah mungkin bisa kita kendalikan dan tidak membesar," ungkap Anwar pemilik gudang batako yang terbakar.

Sementara, untuk kerugian yang di alaminya mencapai puluhan juta. Karena bahan pembuatan batako dan alat pembuatan batako terbakar habis, serta aliran listrik yang terputus akibat KWH yang dimilikinya terbakar.

"Kerugian kurang lebih 50 juta an, karena seperti semen, kompresor, KWH listrik dan bangunan gudang juga sebagian hangus," paparnya.

Sementara itu, komandan regu I Pemadam Kebakaran Kota Palangka Raya, Sucipto menuturkan awal adanya laporan kebakaran sekitar pukul 14.00 wib dan langsung menuju lokasi.

"Ada lima bilik bangunan yang bentunya seperti barak atau ruko, dan 1 bangunan percetakan batako, dan di perkirakan kebakaran ini sudah terjadi setengah jam lebih awal dari masuknya laporan ke kita. Hal itu kami lihat dari besarnya api yang sudah melalap bangunan," ungkapnya.

Sucipto juga memaparkan tidak ada kendala dalam pemadaman, karena sumber air yang mudah di dapat dan akses yang mudah. Namun bangunan sempat habis lantaran lamanya laporan awal dan bangunan yang sebagian besar terbuat dari kayu.

"Untuk proses pemadaman dan pendinginan kurang lebih 45 menit, karena saat tiba di lokasi bangunan sudah hangus terbakar, dan dugaan sementara karena korsleting listrik," pungkasnya. (AGUS/H)

Berita Terbaru