Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Abrasi Kembali Terjadi di DAS Kahayan, 5 Rumah Ambruk

  • Oleh Agus Fataroni Mustova
  • 10 Januari 2023 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Abrasi kembali terjadi di DAS Kahayan. Kali ini, terjadi di Jalan Kalimantan Gang Kenangan, Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya. Ada 5 rumah ambruk dan dua rumah tersampak akibat tanah yang retak dampak abrasi.

Berdasarkan keterangan warga, ablasi tersebut terjadi pada Minggu, 8 Januari 2023. Namun, setelah kejadian itu, warga yang bermukim di bantaran Sungai Kahayan belum melaporkan ke BPBD Kota Palangka Raya.

"Baru siang ini kami mendapatkan informasi. Jadi kami langsung mendatangi lokasi untuk memberikan bantuan dan pendataan kepada warga yang terdampak," kata Camat Pahandut, Berlianto, usai meninjau lokasi ablasi, Selasa, 10 Januari 2023.

Akibat abrasi tersebut, ada 7 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah 27 jiwa yang kehilangan tempat tinggal karena ambruk. Untuk itu, puluhan warga tersebut nantinya akan dievakuasi di Balai Kecamatan Pahandut, sembari menunggu solusi tempat tinggal yang baru.

"Nanti kita siapkan juga dapur umum, untuk menjamin konsumsi para warga yang terdampak, dan rencananya untuk sementara kita akan ungsikan mereka ke Aula penyeng," ucapnya.

Berlianto melanjutkan, berdasarkan instruksi Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, para warga yang terdampak abrasi nantinya akan direlokasi ke tempat yang jauh lebih aman.

"Warga yang terdampak akan didata untuk dilakukan relokasi, tetapi tempatnya masih menunggu arahan Pak Wali Kota," pungkasnya.

Sebelumnya, awal tahun ini ada 2 rumah yang berada di pinggiran Sungai Kahayan tepatnya di Jalan Kahanjak Gang Ahmad Yani VI, Falmboyan Bawah ambruk karena abrasi yang terjadi pukul 17.00 WIB.  (AGUS/Y)

Berita Terbaru