Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng Dukung Wacana Relokasi Warga Terdampak Ablasi di Palangka Raya

  • Oleh Donny Damara
  • 11 Januari 2023 - 13:10 WIB

Legislator Kalteng Dukung Wacana Relokasi Warga Terdampak Ablasi di Palangka Raya
Legislator Kalteng, Sengkon mendukung wacana Pemko Palangka Raya yang akan merelokasi warga terdampak ablasi atau pengikisan daratan di pinggir sungai Kahayan khususnya kawasan Flamboyan Bawah Kota Palangka Raya.

Menurut Sengkon, relokasi menjadi wacana tepat untuk mengamankan warga dari bencana ablasi tersebut, sebab apabila dibiarkan maka akan membahayakan keselamatan yang dapat merugikan masyarakat, sehingga perhatian pemerintah sudah seharusnya diberikan.

"Inikan sebuah musibah, jadi sudah seharusnya pemerintah sigap terutama merelokasi warga yang terdampak. Kita tentu sangat mendukung upaya dari Pemko Palangka Raya dalam hal relokasi ini," kata Sengkon, Rabu, 11 Januari 2023.

Tidak lupa Sengkon pun mengingatkan agar Pemko Palangka Raya segera mengambil sikap bukan hanya sekedar mewacanakan relokasi tersebut dan mendiskusikan keinginan masyarakat dalam rangka menyelamatkan mereka yang terdampak ablasi itu.

"Dari pada harus menahan mereka tetap tinggal disana lebih baik dorelokasi agar kejadian serupa dimasa akan datang tidak dialami masyarakat lagi apabila mereka sudah tinggal ditempat yang aman," jelasnya.

Sengkon menyebut, ketika relokasi tentunya akan ada biaya atau anggaran yang disiapkan, sebab harus membangun pemukiman baru ditempat yang lebih aman dari bencana dan lain sebagainya. Maka dari itu perlu ada diskusi dari masyarakat agar bisa menemukan titik temu.

"Membangun pemukiman baru tentu membutuhkan biaya besar, jadi harus diperhitungkan dan anggarannya disiapkan. Solusi lain untuk meminimalisir anggatan itu harus ada diskusi dengan masyarakat bagaimana baiknya kedepan ketika relokasi tersebut dilaksanakan," imbuhnya.

Sebelumnya ablasi yang terjadi di pinggiran Sungai Kahayan tepatnya di Flamboyan Bawah merusak beberapa bangunan rumah berkonstruksi kayu milik warga. Meski tidak ada korban jiwa, setidaknya ada 35 jiwa dari tujuh kepala keluarga yang kehilangan tempat tinggal akibat peristiwa tersebut. (DONNY D/R)


TAGS:

Berita Terbaru