Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Penipuan Berkedok Aplikasi, Saldo Rekening Bisa Terkuras

  • Oleh Hendri
  • 17 Januari 2023 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Media sosial dihebohkan dengan modus penipuan baru berupa sniffing. Penipu mengirimkan file kepada korban yang merupakan aplikasi berbahaya. File tersebut bisa mencuri data pribadi di ponsel korban yang bisa digunakan oleh pelaku untuk mengambil alih dan menguras saldo rekening.

"Hati-hati jika mendapat kiriman pesan WhatsApp dari nomor tidak dikenal yang berpura-pura menjadi kurir paket lalu menyertakan sebuah file dalam bentuk APK, karena itu bisa saja modus penipuan untuk menguras saldo rekening," kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya Saipullah, Selasa, 17 Januari 2023.

Terkait modus ini, Dinas Kominfo Palangka Raya juga mengumumkan cara untuk mencegah tindak penipuan yang tidak diinginkan terjadi melalui modus sniffing.

Pertama, jangan asal mengunduh aplikasi atau mengeklik tautan yang dikirim melalui SMS/WhatsApp/e-mail. Pastikan dan cek keaslian nomor telepon/SMS/WhatsApp dengan cara menghubungi call center resmi perusahaan.

Kedua, hanya unduh aplikasi resmi dari sumber yang terpercaya. Misalnya, website resmi perusahaan, App Store atau Play Store. Kemudian juga aktifkan notifikasi transaksi rekening dan selalu cek riwayat rekening secara berkala.

Ketiga, jangan lupa untuk mengganti password apapun yang ada di dalam ponsel. Selain itu, jangan menggunakan jaringan publik ketika ingin bertransaksi keuangan. (HENDRI/H)

Berita Terbaru