Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasokan Ternak ke Palangka Raya Terhambat, Harga Daging Melambung Tinggi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Januari 2023 - 17:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Terhambatnya lalu lintas ternak untuk masuk ke Kota Palangka Raya mengakibatkan tingginya harga daging di pasaran. Pantauan Borneonews, harga daging sapi di dua pasar di Kota Cantik sudah bervariasi mulai dari Rp135.000 hingga Rp160.000 yang tertinggi.

Di Pasar Besar Palangka Raya, Borneonews menanyai dua pedagang daging sapi yang berbeda. Pedagang yang lebih besar menyebut harga daging sapi masih belum berubah sejak awal tahun yakni di angka Rp140.000 per Kg.

Sementara salah seorang pedagang daging sapi yang hanya menjual sedikit daging sapi dan dengan kualitas yang juga tidak begitu tinggi menjual daging sapi di harga Rp135.000 per Kg.

Borneonews kemudian berpindah ke Pasar Kahayan dan menanyai pedagang sapi di pasar tersebut yang hanya tampak ada dua pedagang. Salah satunya menyebut angka Rp160.000 per Kg untuk harga daging sapi yang dijualnya.

Sementara daging sapi yang dikhususkan untuk masakan rawon maupun tumisan, yang tampaknya sudah dibekukan di kulkas, dibanderol dengan harga Rp145.000 per Kg.

Sebelumnya, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Rumah Potong Hewan atau UPTD RPH, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, drh Ganjar Priyatno mengatakan pasokan sapi tidak pernah masuk ke Kota Cantik sejak sebelum Natal 2022.

"Dari akhir tahun sebelum natal kita sudah tidak dapat pasokan," kata drh Ganjar kepada Borneonews. Menurut drh Ganjar, alasan keterlambatan pasokan ini lantaran gelombang tinggi yang terjadi saat ini. "Sapi terlambat datang ke Palangka karena gelombang tinggi," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/R)

Berita Terbaru