Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Adu Strategi "e-commerce" Tanah Air, Siapa Juaranya

  • Oleh ANTARA
  • 18 Januari 2023 - 11:11 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Tahun 2022 bisa dibilang menjadi tahun yang berat bagi banyak perusahaan teknologi, bahkan banyak yang menyebut tahun ini sebagai "Tech Winter".

Tak sedikit yang tumbang, namun tetap ada yang bertahan dengan merancang strategi baru agar terus eksis.

Hal tersebut juga berlaku di industri e-commerce yang pertumbuhannya terus terjadi terutama semenjak pandemi COVID-19 melanda dunia.

Skema strategi yang dilakukan tidak lagi sekadar menyiapkan promo dan diskon terbaik untuk menarik pengguna, tetapi meningkatkan kapasitas wadah yang dapat mendukung penjual untuk bertahan menjaga keberlangsungan bisnisnya.

Dari banyaknya e-commerce yang bertumbuh dan berkembang di Tanah Air, siapakah yang menjadi primadona di hati masyarakat

Sejauh ini tiga e-commerce yang terkenal dan paling banyak dicari masyarakat Indonesia ialah Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

Disebutnya ketiga jenama itu bukan tanpa alasan dan dapat dibuktikan lewat data dari App Annie di 2022 yang mencatat Shopee tercatat sebagai platform belanja daring nomor 1 di Indonesia dengan jumlah total unduhan terbanyak baik di Google Play atau Apple Store.

Ditambah dengan data dari SimilarWeb yang mengungkap bahwa Shopee menjadi marketplace dengan pengunjung website tertinggi dengan rata-rata 181 juta pengunjung per bulannya pada kuartal IV 2022.

Disusul dengan Tokopedia yang memiliki selisih pengunjung hingga 46 juta pengunjung dengan pengisi peringkat nomor satu atau memiliki rata-rata 135 juta pengunjung per bulannya.

Semuanya diperkuat dengan laporan dari Perusahaan Riset Ipsos yang rilis di 2022 mengungkapkan peta jalan persaingan industri e-commerce.

Berita Terbaru