Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siswa SMKN 1 Tamiang Layang Belajar Batik Tulis Gratis di Bazar Mini UMKM

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 Januari 2023 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Beberapa siswi Kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Negeri 2 Tamiang Layang mendapatkan pelatihan membuat batik tulis secara gratis pada Bazar Mini UMKM di Taman Nansarunai Tamiang, Sabtu, 21 Januari 2023.

Ketrampilan membatik tersebut diajarkan oleh Hardiano, instruktur membatik dari LPK Wihellie Tamiang Layang yang juga memproduksi batik tulis dengan merek Batik Tulis Mawar Saron.

"Ini sama seperti 8 anak-anak dari SDN 1 Dorong pada bulan Desember 2022, mereka disponsori jadi belajarnya gratis," kata Hardiano saat diwawancarai di sela memberikan pelatihan.

Dia mengungkapkan, tarif normal belajar batik tulis tingkat dasar di LPK Wihellie cuma Rp25 ribu, uang tersebut sebagai pengganti bahan membatik yang digunakan peserta kursus. Tarif yang ditetapkan LPK Wihellie itu hanya untuk membeli bahan membatik bagi peserta pelatihan.

"Pada pelatihan ini mereka belajar materi membatik tingkat dasar yakni membuat desain, mencanting, keamanan mencanting, mewarnai serta mengunci atau memperkuat warna," jelas Hardiano.

Meski tetap harus mengawasi proses mencanting karena menggunakan larutan malam atau lilin panas, namun Hardiano mengaku tidak seketat saat mengawasi siswa sekolah dasar atau SD.

Sebelumnya, Sophia Blantan Luhulima sebagai pemilik dan pengelola LPK Wihellie mengatakan dengan tarif belajar batik tulis yang terjangkau tersebut dia berharap semakin banyak warga Barito Timur yang belajar membuat batik tulis dengan motif-motif khas Dayak Maanyan.

"LPK Wihellie punya mimpi Tamiang Layang juga jadi kota batik khas Dayak," ucap wanita yang masih semangat membina generasi muda ini meski usianya hampir menginjak 80 tahun. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru