Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantaran Sungai Kahayan Potensial Jadi Destinasi Wisata

  • Oleh Apriando
  • 22 Januari 2023 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Akedemisi Kebijakan Publik Universitas Palangka Raya (UPR) Suprayitno mengatakan bantaran sungai kahayan bisa dijadikan destinasi wisata. 

Apalagi pemerintah kota sudah punya master plan penataannya, itu tentu jika segera dilaksanakan akan berdampak baik bagi kemajuan kota ini dalam pengelolaan bantaran sungai yang lebih produktif lagi.

“Saya melihat beberapa waktu lalu di media sosial sempat beredar master plan penataannya, tinggal pemerintah kota diharapkan bisa segera merealisasikannya,” ujarnya, Minggu, 22 Januari 2023

Suprayitno menuturkan, untuk jangka panjang, memang relokasi yang sebenarnya lebih meminimalisir kerusakan sungai Kahayan. Selain itu pemerintah kota juga seharusnya tidak memberikan peluang adanya hunian baru yang memanfaatkan bantaran sungai.

“Risiko bagi penghuni terdampak banjir yang mengancam harta dan nyawa juga besar sekali jika tidak direlokasi,” tuturnya.

Ia melanjutkan, artinya memang relokasi langkah bijak yang dilakukan oleh pemerintah kota untuk mengurangi kerusakan sungai. “Apalagi kan beberapa wilayah kota Palangka Raya, yang sering banjir itu mereka yang tinggal di bantaran sungai,” tambahnya.

Namun perlu adanya pilihan relokasi baru bagi masyarakat yaitu wilayah yang aman, nyaman dan produktif serta minim bencana bagi masyarakat agar memberikaan kenyamanan masyarakat untuk tinggal di wilayah baru tersebut. (APRIANDO/J)

Berita Terbaru