Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Dukung Pembentukan TPS Khusus di Perusahaan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 25 Januari 2023 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor mendukung wacana Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk membentuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di perusahaan besar.

"Keberadaan TPS Khusus sangat penting untuk mengakomodasi masyarakat yang mempunyai hak pilih di perusahaan," ujarnya, Rabu, 25 Januari 2023.

Ia menyebutkan, terdapat 6 ribu hingga 7 ribu masyarakat dengan hak suara namun belum menggunakannya. Kondisi ini karena jauhnya TPS dari perusahaan dan minimnya surat suara di TPS terdekat sehingga mereka tidak dapat menggunakan hak pilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu). 

"Sebagian besar karyawan di perusahaan sudah penduduk Kotim. Dan memang banyaknya karyawan yang tidak memilih ini menjadi kendala kita," kata Bupati. 

Untuk itu, perlu kerja sama antara KPU kotim dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dalam pendataan calon pemilih, terutama di perusahaan besar. Pemerintah Daerah juga akan memfasilitasi KPU Kotim untuk menyampaikan gagasan TPS khusus ini kepada perusahaan besar.

Bupati berharap, dengan adanya TPS khusus ini, karyawan di perusahaan besar dapat menggunakan hak suaranya pada pemilu 2024. (DEWI PATMALASARI/Y) 

Berita Terbaru