Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kapuas Giatkan Latihan di Gudep

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 25 Januari 2023 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kapuas akan menggiatkan latihan di gugus depan atau Gudep.

Terlebih di pertengahan tahun ini, Kwartir Cabang Pramuka Kapuas akan melakukan penilaian Kwaran dan Gudep untuk meningkatkan peran dan tanggung jawab Pramuka dalam pembentukan karakter generasi muda yang lebih unggul.

Pencanangan ini ditandai penyerahan 495 Piagam Tanda Sah Gudep oleh Ketua Kwarcab Kapuas kepada 17 Ketua Kwartir Ranting se Kabupaten Kapuas.

Ketua Kwarcab Kapuas, Suwarno Muriyat menegaskan jika salah satu hasil Rakercab dan Sidparcab Pramuka Kapuas adalah menggiatkan latihan di Gudep.

“Gudep merupakan suatu kesatuan organik dalam gerakan pramuka, wadah untuk menghimpun anggota gerakan pramuka sebagai peserta didik dan pembina pramuka, serta berfungsi sebagai pangkalan keanggotaan peserta didik," katanya, Rabu, 25 Januari 2023.

Dijelaskannya, Kwarcab Kapuas akhir Juli nanti akan menilai 17 Kwaran se Kabupaten Kapuas. Sebelumnya Kwaran telah melakukan hal serupa kepada Gudep dalam wilayahnya. Piagam Tanda Sah Gudep yang diserahkan merupakan syarat mutlak untuk mengikuti penilaian.

Suwarno menambahkan jika tiap Gudep dan Kwaran se Kabupaten Kapuas diharapkan melaksanakan bazar siaga, lomba tingkat berjenjang bagi regu penggalang, raimuna cabang oleh penegak/pandega serta Karang Pamitran bagi Pembina dan Pelatih Pramuka.

"Sepanjang tahun 2022 Kwarcab Kapuas telah mencetak sebanyak 1.270 Pembina Pramuka melalui Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjutan (KML)," ucapnya. 

Adapun pelatih pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Cabang (Pusdiklatcab) Kapuas sebanyak 35 Pelatih dan 42.828 Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. (DODI RIZKIANSYAH/Y)

Berita Terbaru