Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Windu Subagio: Tingkatkan Pembangunan Desa dengan Perbaiki Sistem Manajemen Pemerintahan

  • Oleh Norhasanah
  • 25 Januari 2023 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan, dalam upaya meningkatkan pembangunan perdesaan adalah dengan memperbaiki sistem manajemen pemerintahan.

"Dasar yang paling penting dalam peningkatan pembangunan perdesaan adalah memperbaiki sistem manajemen pemerintahan yang bersifat menyeluruh," kata Windu Subagio dalam Rakor Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa se Kabupaten Sukamara, Rabu, 25 Januari 2023.

Diantaranya adala sistem pemerintahan desa, pembukuan, penataan seluruh kegiatan dan pelaporan pertanggungjawaban keuangan yang semuanya harus sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Dalam melaksanakan penyelenggaraan administrasi pemerintahan desa dan laporan keuangan desa yang tertib, maka diperlukan aparatur pemerintah desa yang mampu dan memiliki kapasitas dalam mewujudkan tertib administrasi," ujarnya.

Karena hal tersebut berfungsi sebagai sumber data dan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

"Selain itu, pengelolaan keuangan desa merupakan suatu kesatuan dalam sistem pemerintahan desa, dimana dalam manajemen pengelolaan keuangan proses dimulai dari perencanaan desa, penyusunan RAPBDes, APBDes, pelaksanaannya pelaporan dan pertanggungjawaban atau lebih kurang sama dengan sistem dan prinsip dalam pengelolaan keuangan daerah," pungkas Windu Subagio. (NORHASANAH/H)

Berita Terbaru