Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Bartim Gelar Apel Penanggulangan Karhutla

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 Januari 2023 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Polres Barito Timur (Bartim) melaksanakan apel gelar pasukan dan sarpras dalam rangka penanggulangan banjir dan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla, Kamis, 26 Januari 2023.

Apel yang dipimpin Kapolres Barito Timur AKBP Viddy Dasmasela itu diikuti oleh personel TNI, Polri, BPBD Damkar, relawan dan petugas pemadam kebakaran milik perusahaan.

Turut hadir Wakil Bupati Barito Habib Said Abdul Saleh, Wakapolres Kompol Zulyanto L Kramajaya, Pabung Kodim 1012 Buntok Mayor Chk Suryanto Evan, para pejabat utama polres dan perwakilan dari beberapa perusahaan yang berinvestasi di Barito Timur.

Kapolres Bartim mengatakan, apel gelar pasukan dan sarpras bertujuan untuk memastikan kembali bahwa kondisi sarana dan prasarana yang dimiliki sebagai alat penanggulangan bencana banjir maupun karhutla dalam kondisi siap pakai serta personel dan operator dari semua lini mampu mengoperasikan peralatan yang dimiliki.

"Kabupaten Barito Timur memiliki luas wilayah sekitar 3.835,62 kilometer persegi. Dari dan luas wilayah ini ada sekitar 1.681 kilometer persegi yang berpotensi rawan kebakaran hutan," ungkapnya.

Potensi kebakaran tersebut yang harus kita kelola, sehingga titik rawan karthula tersebut bisa dikendalikan dan tanggulangi bersama.

"Sesuai perkiraan dari BMKG pada tahun 2023 potensi terjadi kebakaran hutan dan lahan lebih besar dibandingkan dengan tahun 2022, oleh karenanya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan menjadi salah satu fokus dan prioritas polres Barito timur di tahun 2023," ujarnya.

Menurut Kapolres, sarana dan prasarana yang dimiliki Barito Timur untuk penanggulangan karhutla saat ini sangat terbatas, karena itu diperlukan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik serta kesadaran yang tinggi dari seluruh elemen untuk bergerak maju bersama mencegah dan menanggulangi terjadinya karhutla.

"Dengan koordinasi dan kerjasama yang baik, kendala sebesar apapun yang terjadi di lapangan akan kita selesaikan dengan baik," jelasnya. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru