Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Jumlah Kebutuhan Daging Sapi di Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Januari 2023 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Rumah Potong Hewan atau UPTD RPH, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, drh Ganjar Priyatno mengatakan saat ini kebutuhan daging sapi di Kota Cantik berkisar 8 sampai 10 ekor per hari.

"Kebutuhan kita di Palangka Raya itu sekitar 8 sampai 10 per hari dengan kondisi sapi 500 Kg rata-rata berat hidup," kata drh Ganjar kepada Borneonews pada Minggu, 29 Januari 2023.

Dengan kebutuhan yang cukup besar ini menurut drh Ganjar, sangat terasa kesulitan pemenuhan kebutuhan masyarakat ketika ada kendala dalam memenuhi jumlah pasokan seperti yang terjadi saat ini.

"Sejak sebelum Natal 2022 sampai sekarang kita tidak bisa menerima pasokan sapi dari luar Kalimantan Tengah seperti Jawa Timur maupun Sulawesi. Perkiraan kita baru akan dapat pasokan pada pertengahan Februari nanti," kata drh Ganjar lagi.

Sementara ternak yang akan didatangkan ke Kalteng dari Jawa Timur baru divaksin LSD pada pertengahan Januari ini sehingga baru akan dikirim pada pertengahan Februari nanti.

"Jadi selama ini kita hanya mengkonsumsi sapi yang didatangkan lewat jalur darat seperti dari Pulang Pisau, Kapuas atau Banjarmasin," tuturnya lagi.

Sementara sekarang ini sapi Bali yang tersedia dari peternak lokal disebut berukuran kecil dengan berat hanya berkisar pada 250 hingga 300 Kg.

"Karena sapinya kecil-kecil jadi motongnya harus lebih banyak dari biasanya. Kalau biasanya bisa 8 ekor per hari kan, sekarang minimal 11 ekor, tergantung permintaan pasar juga," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/R)

Berita Terbaru