Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tips Menghindari Penipuan Sniffing

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Januari 2023 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Otto FItriandy mengatakan masyarakat dapat menghindar dari menjadi korban tindak kejahatan sektor jasa keuangan yang disebut "Penipuan Sniffing" dengan melakukan beberapa hal penting.

"Beberapa hal yang harus dilakukan agar masyarakat terhindar dari Modus Penipuan Sniffing Berkedok Kurir Paket atau Undangan adalah pertama, jangan sembarangan mengunduh aplikasi atau mengetik tautan yang dikirim melalui SMS, WhatsApp, atau Email," kata Otto pada Minggu, 29 Januari 2023.

Selanjutnya cek selalu keaslian telepon, SMS, atau WhatsApp yang menghubungi adalah nomor dari call center resmi perusahaan.

"Hanya unduh aplikasi resmi baik itu berupa website resmi perusahaan, App Store, Play Store," sarannya lagi.

Tips lainnya ialah aktifkan notifikasi transaksi rekening, cek histori rekening secara berkala serta ganti password secara berkala. "Yang terakhir, jangan gunakan Wi-Fi public untuk bertransaksi keuangan," tegas Otto berpesan.

Sejak munculnya modus penipuan baru yang berkedok kurir paket ini menurut Otto, di Kalimantan Tengah masih belum ada masyarakat yang melakukan pengaduan terkait dengan Modus penipuan sniffing ke OJK Kalimantan Tengah. (TESTI PRISCILLA/R)

Berita Terbaru