Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Berharap Kotim dapat Pertahankan Opini WTP

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 30 Januari 2023 - 19:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor berharap dapat mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada pemeriksaan pendahuluan oleh BPK RI yang akan dilaksanakan mulai 26 Januari 2023 hingga 25 Februari 2023.

"Kita bersyukur 8 tahun ini berturut- turut mendapat Opini WTP. Kita berharap tahun ke 9 ini kita dapat mempertahankan," ujarnya, Senin, 30 Januari 2023.

Untuk itu bupati mengintruksikan kepada seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) betul-betul mempersiapkan data informasi yang diperlukan tim audit BPK RI. Ini bertujuan supaya audit permulaan tidak mengalami kesulitan dengan data-data yang disampaikan sehingga efektif dan efisien. 

Bahkan ia mengingatkan agar pejabat yang bertanggung jawab untuk tidak melakukan perjalanan dinas selama audit 30 hari tersebut. Menghindari terjadinya ketidak tersediaan data yang diminta oleh BPK.

"Memang namanya merebut gelar itu berat. Namun untuk mempertahankan itu juga tidak mudah. Artinya perlu komitmen bersama karena dalam audit ini tidak hanya 1 instansi, tapi seluruhnya," katanya.

Ketua tim pemeriksa LKPP, Nurul Huda meminta kerjasama kepada SOPD untuk membantu pelaksanaan audit dan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan. 

Dalam pemeriksaan pasti terdapat problem, tentu ini tidak dapat diprediksi. Namun Huda meminta SOPD agar mempersiapkan laporan secara umum untuk tim pemeriksa. Selanjutnya tergantung bagaimana respon SOPD terhadap problem tersebut. 

"Tergantung bagaimana merespon dan menindak lanjuti problem yang ada. Ini ada aturan ini ada keadaan. Apakah keadaan bisa sesuai dengan aturan jika tidak sesuai bagaimana problem tersebut tidak melanggar aturan," ujarnya. (DEWI PATMALASARI/R)

Berita Terbaru