Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Upaya Menekan Angka Kematian Ibu dan Bayi di Kotim

  • Oleh Noor Annisa
  • 30 Januari 2023 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur, Umar Kaderi mengatakan sebagai upaya untuk menekan angka kematian ibu dan bayi, pemerintah setempat meluncurkan berbagai program. Diantaranya Revolusi Kesehatan Ibu Anak (KIA) yang penerapannya salah satunya diwujudkan melalui Rumah Tunggu Kelahiran.

"Upaya penurunan kematian ibu dan bayi telah dilakukan melalui penyediaan rumah tunggu kelahiran," kata Umar, Senin 30 Januari 2023.

Berbagai upaya pun dilakukan oleh Pemkab Kotim untuk menekan angka kematian ibu dan bayi melalui dinas kesehatan.

Selain itu juga rujukan ibu hamil dan peningkatan kualitas pelayanan ibu hamil di fasilitas kesehatan primer, terutama pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dengan penyediaan fasilitas USG di puskesmas secara bertahap. 

"Upaya lain yakni dengan peningkatan kapasitas tenaga dokter dan bidan di puskesmas," tuturnya. Umar berharap angka kematian ibu dan bayi di Kotim semakin menurun dan pemahaman masyarakat terkait kesehatan terhadap ibu hamil yang terus meningkat.

"Semoga tahun ini kematian ibu dan bayi di Kotim terus menurun seiring peningkatan kesadaran masyarakat untuk bersalin di fasilitas kesehatan," pungkasnya. (NOOR ANNISA/R)

Berita Terbaru