Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Marak Beredar Informasi Penculikan Anak, Kapolres Kobar Tegaskan Tidak Benar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 31 Januari 2023 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Terkait maraknya informasi terjadinya penculikan anak yang beredar melalui medsos dan WhatsApp belakangan ini, Kapolres Kotawaringin Barat (Kobar) AKBP Bayu Wicaksono pada Selasa, 31 Januari 2023 menegaskan bahwa hal tersebut tidak benar.

Kapolres menuturkan, pasca-beredarnya informasi tersebut, pihaknya langsung melakukan pengecekan pada jajaran Polsek hingga anggota Bhabinkamtibmas di Kabupaten Kobar untuk menindaklanjuti informasi yang berkembang itu.

"Alhamdulillah saat ini berdasarkan pengecekan kami, jajaran Polsek tidak pernah menerima laporan mengenai peristiwa penculikan anak yang terjadi di Kabupaten Kobar. Sehingga, kami bisa pastikan kabar yang berkembang di medsos tersebut adalah hoaks atau kabar yang tidak benar," jelas Kapolres.

Kapolres juga menjelaskan bahwa bila ada warga yang menerima pesan berantai melalui medsos atau WhatsApp supaya tidak ikut menyebarluaskan kabar hoaks tersebut karena berpotensi meresahkan masyarakat.

"Saat ini, kami juga masih melakukan penyelidikan terkait siapa pihak yang menjadi awal penyebarluasan kabar hoaks yang berpotensi merusak ketentraman dan kekondusifitasan yang sudah terjaga," jelas Kapolres.

Di sisi lain, Kapolres menyebut, untuk mengantisipasi terjadinya kasus penculikan anak, pihaknya sejak beberapa waktu lalu telah melakukan antisipasi dan upaya kontrol di lokasi yang dianggap rawan.

"Terutama di lingkungan sekolah atau di lokasi kegiatan yang dianggap rawan terjadinya tindak kejahatan terhadap anak. Untuk itu, masyarakat diharapkan bisa tenang dan bisa memilah mana kabar yang benar dan kabar yang tidak. Selain itu, kami juga yakin bahwa saat ini masyarakat sudah paham untuk memberikan laporan cepat pada aparat kepolisian  jika terjadi tindak kejahatan dalam bentuk apapun," demikian Kapolres menyampaikan. (WAHYU KRIDA/Y)

Berita Terbaru