Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Jaringan Listrik di Wilayah Pelosok Perlu Solusi

  • Oleh Donny Damara
  • 02 Februari 2023 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi II DPRD Kalteng, Sengkon mengatakan pembangunan jaringan listrik khususnya di wilayah pelosok provinsi ini perlu solusi dari pemerintah maupun pihak terkait.

Sengkon menyebut, memang pada dasarnya untuk membangun jaringan listrik agar merata memerlukan waktu dan biaya yang cukup besar, namun listrik ini merupakan kebutuhan yang mendesak sehingga perlu solusi cepat dari pemerintah.

"Terkait jaringan listrik ini menjadi aspirasi yang kerap disampaikan masyarakat terutama di wilayah pelosok yang belum sama sekali menikmati listrik. Jadi ini perlu diperhatikan dengan memberikan solusi tepat," ujarnya, Kamis, 2 Februari 2023.

Menurut Sengkon, solusi yang dapat diberikan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah pelosok yakni dengan mencanangkan program jangka pendek, seperti mengembangkan jaringan listrik lokal misalnya tenaga surya maupun mesin diesel.

"Program jangka pendek ini dapat diterapkan, kalau tenaga surya sudah banyak tapi belum merata, nah untuk tenaga mesin diesel bisa diterapkan. Pengelolaannya tetap dari pemda agar lebih mudah pemerintah desa bisa dilibatkan," ucapnya.

Sengkon menjelaskan, untuk mewujudkan hal itu tentu pemda bisa bekerja sama atau bersinergi dengan badan usaha milik negara (BUMN) yang membidangi masalah jaringan listrik, sehingga kebutuhan listrik dapat terpenuhi dan dinikmati masyarakat di pelosok.

"Program jangka pendek ini diterapkan sebagai solusi sementara sembari menunggu jaringan listrik permanen masuk ke wilayah pedesaan. Saya pikir ini dapat dipikirkan oleh pemerintah, karena memang listrik sangat dibutuhkan diera sekarang ini," pungkasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru