Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Bartim Minta Eksekutif Segera Realisasi Perbaikan Jalan Menuju Desa Dambung

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 06 Februari 2023 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Wakil Ketua I DPRD Barito Timur Ariantho S Muler, meminta eksekutif segera merealisasikan perbaikan jalan menuju Desa Dambung Kecamatan Dusun Tengah. Mengingat saat ini sedang diupayakan juga mempertahankan Desa Dambung secara administratif agar diakui Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri sebagai bagian dari wilayah Barito Timur.

"Jadi di 2023 ini sudah ada kesepakatan kita anggarkan Rp1 miliar lebih untuk pembangunan ruas jalan dari Desa Sumber Galunggung ke Desa Dambung," ungkapnya saat diwawancarai usai rapat dengar pendapat umum atau RDPU tentang permasalahan tapal batas Desa Dambung, Senin, 6 Februari 2023.

"Harapan kami ini harus dipercepat karena di satu sisi kita mempertahankan Desa Dambung sebagai wilayah Barito Timur dengan mengajukan keberatan ke kementerian, di sisi yang lain kita harus ada eksistensi dalam membangun sebagai tanda bahwa kita mengakui Desa Dambung sebagai bagian dari wilayah kita," imbuhnya.

Selain memperjuangkan di sisi administrasi, pembangunan yang dipercepat secara sosial akan membuat masyarakat Desa Dambung percaya bahwa Pemkab Barito Timur bertanggungjawab dan peduli dengan kondisi desa Dambung yang terisolir serta tertinggal dalam pembangunan.

"Jadi ketika kita berjuang untuk Desa Dambung ini kita bukan hanya berjuang secara administratif saja tapi juga kita membangun infrastrukturnya," tegasnya.

Ariantho menilai Provinsi Kalimantan Selatan atau Kabupaten Tabalong pasti gencar juga membangun infrastruktur menuju Desa Dambung untuk menarik perhatian warga yang masih bergabung ke Barito Timur agar pindah kependudukan ke Tabalong, namun dia menegaskan bahwa Perda nomor 14 tahun 2007 tentang pembentukan Desa Dambung belum dicabut.

"Artinya Desa Dambung masih merupakan wilayah kita, dan kita wajar sekali membangun infrastrukturnya," ucapnya.

Ariantho memastikan DPRD siap mendampingi perwakilan masyarakat yang akan menyampaikan keberatan ke Kemendagri terkait tapal batas Desa Dambung.

"Posisi DPRD mendukung tim ini, kalau untuk jumlah yang berangkat kemudian pembagian tugas ke tim, siapa yang menyampaikan sejarah serta bukti-bukti yang lain itu dari eksekutif yang akan mengaturnya," ungkapnya.

Kesempatan yang diberikan oleh Menteri Sekretaris Negara untuk membahas kembali permasalahan tapal batas dengan Kemendagri merupakan peluang yang baik yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Berita Terbaru