Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wacana Kenaikan BPIH Perlu Ditinjau Kembali

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 09 Februari 2023 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pengamat Kebijakan Publik Zaky Yopie menilai, usulan Kementerian Agama (Kemenag) RI menaikan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) perlu ditinjau kembali.

Nominal angka kenaikan BPIH yang terbilang sangat tinggi, pastinya sangat memberatkan masyarakat, terutama masyarakat level menengah kebawah.

“Agenda kenaikan BPIH itu, momentumnya sangat tidak tepat dilakukan saat ini. Kalau perlu ditinjau ulang atas usulan ini,” ungkapnya baru baru ini.

Ia menilai rasionalitas dari angka kenaikan seharusnya bisa dinarasikan dengan baik oleh pemerintah. Sebab, kenaikan sampai dua kali lipat dipastikan sangat memberatkan masyarakat.

Selain itu, peninjauan kembali ini juga berkaitan dengan kondisi ekonomi masyarakat, karena sebagian masyarakat masih dalam tahap pemulihan akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Apalagi dengan kenaikan BPIH tersebut, menurutnya bisa saja timbul polemik baru yang nantinya akan dihadapi oleh pemerintah.

“Polemik lainnya pasti makin panjang antrian keberangkatan haji. Dengan tarif yang lama saja antriannya sudah panjang, apalagi jika dinaikan tarifnya. Bukan tidak mungkin, karena hal ini juga masyarakat memutuskan untuk batal berangkat dan menarik kembali dana haji mereka,” ucapnya. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru