Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Apresiasi Kebijakan Pemerintah Wajibkan Mahasiswa Ikut Program Magang

  • Oleh Donny Damara
  • 09 Februari 2023 - 13:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siti Nafsiah mengapresiasi kebijakan pemerintah pusat melalui melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang mewajibkan mahasiswa untuk mengikuti program magang.

Menurut Nafsiah, langkah Kemendikbudristek mewajibkan para mahasiswa mengikuti magang diberbagai tempat di luar kampus sudah tepat. Mengingat hal tersebut tentu akan memberikan gambaran serta pengalaman langsung bagi mahasiswa tetang dunia kerja.

"Saya rasa itu sudah tepat dan perlu dipertahankan. Setidaknya dengan program itu mahasiswa kita punya gambaran bagaimana dunia kerja setelah lulus kuliah nanti. Jadi mereka punya pengalaman untuk beradaptasi dan bersosialisasi di luar kampus," ujarnya, Kamis, 9 Februari 2023.

Terlepas dari manfaatnya yang besar, Nafsiah menilai kebijakan itu juga tidak akan lepas dari kritik dari berbagai pihak. Akan tetapi, kritikan merupakan hal yang wajar, sebab setiap program yang dicanangkan pemerintah terlepas dari dampak positif dan negatifnya, pasti ada penilaian pro dan kontra.

Meski begitu, yang perlu dilakukan yaitu bagaimana kebijakan tersebut dilaksanakan secara konsisten dan optimal oleh seluruh pihak terkait, sehingga masyarakat secara luas dapat lebih melihat dampak positifnya dibandingkan negatifnya.

"Kami menganggap program magang ini perlu dipertahankan, karena memang dampak positifnya lebih banyak dibanding negatifnya. Terutama soal peluang mendapatkan pekerjaan di masa yang akan datang, khususnya setelah lulus kuliah bisa lebih besar," ucapnya.

Untuk diketahui, Kemendikbudristek RI telah menjalankan program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka.

Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.

Di program Magang Bersertifikat, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di industri/dunia profesi nyata selama 1-2 semester.

Dengan pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang, mahasiswa akan mendapatkan hard skills maupun soft skills yang akan menyiapkan mahasiswa agar lebih mantab untuk memasuki dunia kerja dan karirnya.

Mahasiswa dari semua perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia yang terdaftar pada PDDikti, di semua jurusan pada jenjang S1 dapat mengikuti program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka dengan persetujuan dari Perguruan Tinggi masing-masing. (DONNY D/R)

Berita Terbaru