Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD ini Sebut Penanganan Bencana di Kalteng Perlu Perhatian Serius

  • Oleh Donny Damara
  • 10 Februari 2023 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng Siti Nafsiah menyebut penanganan kebencanaan di wilayah Kalteng perlu perhatian serius dari pemda. Seperti halnya banjir harus dapat diatasi secara komprehensif dengan solusi terbaik.

Dalam pengambilan keputusan untuk mengatasi banjir tidak bisa bersifat parsial, apalagi dalam melakukan normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS), tidak bisa hanya mengatasi pada bagian muara sungainya saja, akan tetapi, di daerah bagian hulu sungai juga harus diperhatikan.

"Untuk menghadapi hal ini harus ada sinergi dari pemerintah daerah, provinsi maupun kabupaten/kota. Diperlukannya sinergi dan koordinasi lintas sektor antara pemerintah dan masyarakat untuk atasi  bencana banjir. Jadi tidak hanya mengharapkan salah satu pihak saja," ujarnya, Jumat, 10 Februari 2023.

Menurut Ketua Komisi III ini, urgensi penanganan dan antisipasi bencana merupakan hal yang harus diselesaikan. Sebab, jika dibiarkan dapat berpengaruh pada penurunan kualitas hidup masyarakat, mengancam keberlangsungan aktivitas perekonomian, maupun indikasi peningkatan kemiskinan.

"Misalnya saja di Kota Palangka Raya yang mengalami banjir beberapa hari kemarin. Pemerintah harus hadir dengan suatu kajian yang mendalam, untuk bisa mengatasi banjir yang masih terdapat di beberapa titik wilayah kota setempat sehingga kedepannya masyarakat merasa aman," ucapnya.

Dirinya berharap, persoalan banjir jangan sampai hanya dijadikan sebagai tontonan saja, karena tiap musim hujan begitu turun, banjir terjadi. Untuk itu,  harus ada perhatian khusus dan upaya serius dari pemerintah daerah untuk segera menyelesaikan masalah kebencanaan tersebut.

"Bencana ini merupakan masalah serius yang memang harus ditangani dengan baik. Sebab, ketika terjadi dampaknya sangat serius, khususnya soal kesehatan masyarakat. Sebab, ketika banjir terjadi itu membawa timbunan sampah, yang berpotensi menggangu kesehatan warga karena air yang terkontaminasi bakteri," imbuhnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru