Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penurunan Anka Kemiskinan Jadi Tugas Berat Pemkab Kotim

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 10 Februari 2023 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor menyebut penurunan angka kemiskinan di wilayah ini merupakan tugas yang cukup berat. Namun ia bertekad untuk mencapai angka kemiskinan serendah-rendahnya di wilayahini.

"Ini tugas yang sangat berat terutama untuk penurunan kemiskinan. Tapi kita tetap bertekad bersama," ujarnya, Jumat, 10 Februari 2023.

Disebutnya, angka kemiskinan di Kotim tidak hanya dipengaruhi oleh masyarakat asli daerah, namun pendatang dari wilayah lain juga mengambil andil atas data angka kemiskinan di Kotim.

"Tidak hanya warga kita, di daerah kita sudah terbuka. Angka kemiskinan sudah menurun. Namun datang pendatang lagi yang membawa kemiskinan," kata Bupati. 

Ia menambahkan, terbukanya wilayah Kotim baik melalui jalur darat, laut maupun udara mempermudah pendatang baru memasuki wilayah ini. Disebutnya, pendatang baru memang ada yang menjadi pengusaha dan membuka lapangan kerja, namun tak sedikit pendatang yang tidak bekerja dan membawa kemiskinan. 

"Angka kemiskinan yang sudah kita tekan bersama dengan semaksimal mungkin bisa berubah angkanya karena adanya pendatang baru," paparnya. 

Penurunan kemiskinan saat ini menjadi isu penting yang menjadi perhatian khusus pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Bupati bertekad mewujudkan Kotim nol persen angka kemiskinan ekstrim pada tahun 2024, sesuai arahan Presiden Republik Indonesia. 

Berdasarkam data tahun 2021, angka kemiskinan di Kotim mencapai 5,91 persen atau 27.060 dengan jumlah penduduk miskin ekstrim 8.290 atau 1,79 persen. (DEWI PATMALASARI/H) 

Berita Terbaru