Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

GAPKI: Petani Menjadi Sangat Penting Bagi Pengembangan Kelapa Sawit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 11 Februari 2023 - 17:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Bidang Komunikasi, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia atau GAPKI, Tofan Mahdi mengatakan bahwa petani menjadi sangat penting bagi pengembangan kelapa sawit kedepannya.

"Rupanya petani akan menjadi sangat penting bagi pengembangan kelapa sawit kedepannya," kata Tofan Mahdi dalam rilis Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS kepada Borneonews pada Sabtu, 11 Februari 2023.

Tofan melanjutkan, dengan komposisi pengelolaan petani yang mencapai 41 persen dari total lahan kebun sawit di Indonesia, petani tidak bisa lagi diabaikan begitu saja perannya dalam pengembangan perkebunan kelapa sawit kedepan.

"Kendati saat ini masih ada beberapa tantangan yang masih dihadapi, perbaikan pengelolaan kebun bisa saja dilakukan secara terus menerus," katanya.

Tantangan dimaksud menurut Tofan salah satunya yakni tantangan regulasi, lantaran tidak semua petani bisa memenuhi regulasi yang telah ditetapkan.

"Tantangan lainnya menyangkut praktik berkelanjutan. Petani mesti didorong untuk bisa menerapkan pengelolaan budidaya kelapa sawit ramah lingkungan. Di Indonesia dorongan praktik berkelanjutan itu masuk dalam penerapan ISPO," terang Tofan.

Regulasi ISPO sudah menjadi regulasi yang tepat dalam upaya membangun kebun sawit rakyat ramah lingkungan. Apalagi kebijakan itu akan bersifat wajib atau mandatori.

"Kita tinggal menunggu mau kemana kemauan kita. Perbaikan kelembagaan petani mesti dilakukan dan kita juga perlu terus memperbaiki tata kelola kelapa sawit berkelanjutan, kedepan industri kelapa sawit ada di tangan petani,” ungkap Tofan. (TESTI PRISCILLA/R)


TAGS:

Berita Terbaru