Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Tambak Kesulitan Angkut Hasil Panen

  • 28 Februari 2016 - 19:52 WIB

PETANI tambak ikan di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, mengalami kesulitan untuk mengangkut hasil panen karena belum memadainya akses jalan yang tersedia di area tambak.

'Kami kesulitan mengangkut hasil panen karena belum adanya akses jalan yang memadai,' kata Roso (48), salah satu petani tambak di Kuala Pembuang, Minggu.

Saat ini puluhan petani tambak ikan Bandeng di jalur 10 yang lokasinya berjarak sekitar empat tiga kilometer dari komplek Pemkab Seruyan, hanya mengandalkan jalan kecil dengan lebar tidak lebih dari dua meter dengan kondisi berupa tanah liat, dan jembatan yang sering dilewati hanya menggunakan beberapa lembar papan.

'Kalau hujan tidak bisa dilewati kendaraan, lumpurnya saja mencapai ketinggian mata kaki, kalau sudah demikian terpaksa jalan kaki sehingga sulit sekali mengangkut hasil panen,' katanya.

Meskipun kondisi tersebut sudah terjadi cukup lama, namun tapi tidak pernah tersentuh pembangunan oleh pemerintah, bahkan 50 hektar lebih tambak yang sudah berumur belasan tahun tidak pernah mendapat bantuan dan hanya mengandalkan pembangunan secara mandiri. 

'Harusnya tambak mendapat perhatian lebih dari pemerintah,' katanya.

Terkait masalah tersebut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Seruyan Priyo Widagdo mengatakan, selama ini anggaran untuk kegiatan perikanan masih sangat minim, sehingga harus mendahulukan kebutuhan prioritas dan kegiatan yang sudah diusulkan lebih dulu.

'Jadi pembangunan atau pembuatan jalan tambak itu nanti bisa saja diusulkan melalui proposal. Sehingga bisa diperjuangkan untuk mendapat anggaran pembangunan,' katanya.(ANT/B-11)

Berita Terbaru