Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Masuk 3 Besar Nominasi Penjamin Sosial Tenaga Kerja

  • Oleh Hendri
  • 13 Februari 2023 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya masuk nominasi 3 besar sebagai penjamin perlindungan sosial tenaga kerja. Hal ini berkat kerjasamanya dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek).

Melalui program itu, pemerintah memberikan perlindungan kepada masyarakat pekerja atas berbagai macam risiko yang mungkin terjadi, seperti kecelakaan kerja, meninggal dunia, persiapan memasuki hari tua dan pensiun.

"Saat ini Palangka Raya masuk nominasi tiga besar di Kalteng. Semoga dengan kerja keras serta komitmen bersama instansi, lembaga maupun pihak swasta kita mampu melaksanakan visi kesejahteraan," kata Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah, Senin, 13 Februari 2023.

Hadirnya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dapat mencegah masyarakat pekerja dan keluarganya jatuh menjadi keluarga miskin baru ketika para pekerja mengalami guncangan ekonomi akibat kecelakaan kerja ataupun krisis ekonomi, termasuk PHK.

"Maka bantalan utama yang bisa menjadi taruhan bagi keberlangsungan kehidupan layak mereka adalah Jamsostek ini. Karena itu kita konsentrasi untuk menambah dan memperluas jangkauan penerima manfaat program tersebut," ungkapnya.

Ia berharap BPJamsostek selaku penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di masa depan harus menjadi lebih universal dan inklusif. Pemberian perlindungan pekerja harus diberikan sejak usia produktif bekerja dan mudah diakses bagi seluruh pekerja, terlepas apakah mereka bekerja di sektor formal maupun informal.

Program-program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan juga harus dirancang sedemikian rupa untuk adaptif terhadap perubahan kondisi ekonomi global, yang mempengaruhi ekosistem industri dan ketidakpastian pasar dan secara langsung berpengaruh kepada keberlangsungan hubungan kerja. (HENDRI/H)

Berita Terbaru