Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim SAR Dilatih Panjat Jembatan untuk Selamatkan Korban Bencana

  • 28 Februari 2016 - 20:00 WIB

TIM SAR gabungan meng'gelar simulasi pe'nyelamatan kor'ban' bencana alam di Jembatan Jelai, Sukamara, Sab'tu (27/2/2016).

Dalam latihan ini, tim SAR yang terdiri dari polres, Taga'na', Dinsos, Damkar, Satpol PP, dan Kesbangpolinmas ber'simulasi menyelamatkan seo'rang korban bencana dengan cara memanjat jembatan.

Korban disimulasikan ada di dasar sungai, sehingga harus dianggkat dengan meng'gu'nakan tali.

Simulasi ini digelar sebagai bentuk kesiapan tim SAR Su'ka'mara untuk menghadapi bencana alam.

Wakapolres Sukamara, Kompol Yoyo Roswandi me'nga'takan simulasi ini meru'pa'''kan tindak lanjut dari rang''kaian kegiatan yang dila''kukan sejak Januari 2016.

'Di Sukamara masih belum ada instansi yang khusus menangani bencana, karena itu kami antisipasi bersama bila terjadi bencana sewaktu-waktu,' katanya.

Menurut Yoyo, simulasi ini dilakukan untuk mendidik dan melatih anggota agar nan'ti saat ada musibah, sehi'ng'ga tim SAR siap untuk ber'buat apa saja, sehingga tidak bingung lagi saat di lapangan.

'Cara menolong korban ini sudah sesuai prosedur, sehingga adalah yang telah dipraktikan, sehingga penting' untuk mengasah keterampilan yang secara otomatis ang'go'ta paham apa yang harus dilakukan saat ada bencana,' ucapnya.

Yoyo berharap kepada Pem'kab Sukamara sepatnya membentuk badan penanggu'lanagan bencana sehingga jika ada bencana bisa sigap sendiri tanpa harus menung'gu' bantuan dari daerah lain. (MG-13/B-6)

Berita Terbaru