Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPP Pratama Muara Teweh Ingatkan Pemdes Hati-Hati Kelola Pajak Dana Desa

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 13 Februari 2023 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kantor Pajak Pratama atau KPP Muara Teweh mengingatkan pemerintah desa agar selalu berhati-hati dalam mengelola pajak Dana Desa atau DD.

Peringatan itu disampaikan saat KPP Pratama Muara Teweh dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan atau KP2KP Tamiang Layang saat menjadi narasumber pada kegiatan Sosialisasi Pembinaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Sosial atau DPMDSos Kabupaten Barito Timur, Senin, 13 Februari 2023.

Pada sambutannya, Kepala KP2KP Tamiang Layang yang diwakili oleh Kepala KP2KP Buntok Meftahul Farid, menyampaikan kepada peserta sosialisasi bahwa

"Pemerintah desa harus menjalankan perannya sebagai pemotong atau pemungut pajak. Peran tersebut vital, karena pada akhirnya uang pajak yang dibayarkan melalui pemotongan dan pemungutan juga akan kembali kepada masyarakat," tegas Kepala KP2KP Buntok Meftahul Farid, mewakili Kepala KP2KP Tamiang Layang Fakhri Ahadi.

Dia juga mengingatkan bahwa integritas merupakan modal paling utama bagi punggawa instansi pemerintahan, termasuk desa, dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Jangan sampai muncul niat untuk melakukan tindakan yang berpotensi menjadi tidak pidana perpajakan,” pesan Farid.

Sementara itu, Asisten Penyuluh KPP Pratama Muara Teweh, Muhammad Amin, dalam paparannya menjelaskan kepada peserta sosialisasi mengenai tarif dan objek pajak pada transaksi pembayaran yang dilakukan oleh bendahara desa.

Selain itu, Amin juga memberikan sosialisasi mengenai aturan perpajakan yang baru disahkan oleh pemerintah, seperti Peraturan Menteri Keuangan Nomor 59/PMK.03/2022 yang merupakan aturan pelaksanaan kewajiban perpajakan bagi bendahara instansi pemerintah.

“Kami berharap para bendahara dapat menerapkan materi yang disampaikan kali ini sekembalinya ke kantor,” harap Amin.

Kegiatan itu mendapat respon cukup baik dari pihak yang terlibat. DPMDSos yang diwakili oleh Kepala Bidang Informasi Pembangunan Desa Dan Kawasan Perdesaan, Setia Murni, menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPP Pratama Muara Teweh dan KP2KP Tamiang Layang atas kesediaannya untuk berpartisipasi pada sosialisasi kali ini.

“Semoga setelah ini, para pengurus desa dapat lebih berhati-hati dan lebih cakap dalam mengelola dana desa,” harap Setia. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru