Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecepatan Angin Lapisan 3.000 Feet Capai 22 Knots, Begini Dampaknya pada Cuaca di Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Februari 2023 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG melalui Stasiun Meteorologi Sanggu Buntok menyampaikan prakiraan arah dan kecepatan angin di atas wilayah Kalimantan yang berdampak pada kondisi cuaca, khususnya di Kabupaten Barito Timur.

"Dari prakiraan arah dan kecepatan lapisan 3000 feet atau sekitar 1.000 meter di atas wilayah Kalimantan, terjadi pertemuan angin dengan kecepatan sekitar 22 knots atau 40 kilometer per jam," ungkap Kepala Stasiun Meteorologi Sanggu Nur Setiawan dalam rilis peringatan dini yang diterima Borneonews, Rabu, 15 Februari 2023.

Kondisi tersebut dapat menimbulkan daerah konvergensi atau pertumbuhan awan konvektif. Awan konvektif terbentuk dari penguapan air. Uap yang terperangkap dalam temperatur dingin akan membeku menjadi awan kumulus.

"Dampaknya jika terjadi hujan lebat akan disertai angin kencang dan petir atau kilat," jelas Nur Setiawan.

Lebih lanjut dia menerangkan, prakiraan cuaca Barito Timur selama tiga hari ke depan hingga tanggal 18 Februari, semua kecamatan berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.

Kondisi cuaca ini juga menjadi gambaran puncak musim hujan yang terjadi di Barito Timur. "Dengan tingginya intensitas hujan, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin
kencang, kilat atau petir dan pohon tumbang," pesannya. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru