Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Awal 2023 Sudah Ada 2 Kasus Gigitan Hewan di Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Februari 2023 - 15:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Awal tahun ini hingga Februari sudah ada dua kasus gigitan hewan di Palangka Raya yang disinyalir mengidap rabies.

"Kasus gigitan pertama itu di Kelurahan Menteng, yang itu sudah pasti positif rabies berdasarkan hasil laboratorium," kata Kepala Pusat Kesehatan Hewan atau Puskeswan Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono kepada Borneonews pada Jumat, 17 Februari 2023.

Menurut drh Eko, kasus kedua yang terbaru terjadi di Kelurahan Panarung, Kota Palangka Raya. Yang baru ini kasusnya di Kelurahan Panarung, anjingnya menggigit kurir," terang drh Eko lagi.

Sayangnya dalam kasus kedua yang baru terjadi anjing yang menggigit seorang kurir ini segera dikuburkan segera setelah kematiannya dan pemilik tidak memberikan sampel si anjing ke laboratorium veterier.

"Jadi dalam kasus kedua ini kita tidak bisa menyatakan 100 persen bahwa hewan yang menggigit itu rabies, karena penyakit distamper yang gejalanya memiliki kemiripan dengan rabies juga sedang banyak terjadi sehingga ada kemungkinan hewan yang menggigit itu rabies ataupun distamper," terang Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia atau PDHI Provinsi Kalimantan Tengah ini lagi.

Menurut drh Eko, meski tidak bisa memastikan penyakit yang diderita hewan yang menggigit, pihaknya telah menyarankan kurir yang tergigit dan pemilik hewannya untuk mendapatkan Vaksin Anti Rabies atau VAR.

"Jaga-jaga saja, siapa tahu benar-benar rabies, kurir dan pemilik hewannya kami sarankan untuk VAR," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/R)

Berita Terbaru