Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ketapang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Alokasi APBDes untuk Sektor Pertanian Pangan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 19 Februari 2023 - 14:51 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Wakil Bupati Lamandau Riko Porwanto meminta kepada para camat, lurah dan kepala desa di daerah setempat menganggarkan dana Anggaran Pendapaan Belanja Desa (APBDes) untuk pembangunan pertanian terutama sub sektor tanaman pangan.

“Tujuannya untuk mewujudkan swasembada pangan sehingga inflasi daerah bisa diredam,” terang Wabup di Nanga Bulik. Minggu, 19 Februari 2023.

Hal tersebut seiring dengan amanat Peraturan Menteri Desa PDT Nomor 7/2021 tentang prioritas dana desa yang salah satunya penggunaan program prioritas nasional yakni penguatan ketahanan pangan, mengembangkan usaha pertanian lumbung pangan, pengolahan hasil dan pemasaran.

Dia mengatakan sektor pertanian khususnya sub sektor tanaman pangan memegang peranan penting dan strategis dalam membangun perekonomian di wilayah Kabupaten Lamandau.

Untuk itu, menurut dia, perlu terus untuk dikembangkan, karena berperan sebagai penyedia pangan daerah dan membuka lapangan kerja bagi para pemuda dan masyarakat di pedesaan demi terwujudnya kesejahteraan di dalam masyarakat itu sendiri.

“Karena sumber daya alam di Kabupaten Lamandau sangat mendukung untuk pengembangan bidang pertanian,” pungkasnya. (HENDI NURFALAH/R)


TAGS:

Berita Terbaru